logo ilmugrafis
Home Tutorials Store Blog Fonts Download Gallery
Google Powered Search
+ Silahkan masukkan kata kunci untuk mencari konten website

ilmu grafis » 3DS MAX STUDIO

Efek Camera Map Dengan 3DS MAX

Publish: 4 Agustus 2012 | Author & Copyright: Tedi Permana | FREE Proffesional tutorial 3DS MAX

Tutorial 3DS MAX kali ini sebenarnya sangat sederhana tapi bermanfaat sekali untuk memberi tekstur pada objek, khususnya objek yang memiliki banyak elemen. Nah, misalnya saja seperti gambar dibawah:
camera puzzle

Objek tersebut saya buat dari beberapa buah kotak yang di attach. kalo agan memberinya tekstur seperti biasa, maka tekstur akan menempati masing-masing elemen saja. Agar teksturnya terlihat seperti gambar diatas, kita harus memberinya modifier list: Camera Map terlebih dahulu. Lebih jelasnya, langsung ke tutorial aja gan...

1. Buat sebuah box kecil nan tipis seperti gambar dibawah. Ukuran lebih detilnya, saya mengatur Length=15, Width=15, dan height=1,5.
3dsmax

2. Nah, duplikat objek kotak tersebut agar membentuk kotak yang lebih besar lagi. Untuk meng-copy objek, drag objek pada sumbu x sambil menahan tombol Shift pada keyboard. Pada jendela Clone Option yang muncul, atur nilai number of copies=7.
3dsmax

3. Seleksi semua objek dan copy lagi seperti cara diatas agar membentuk sebuah kotak.
3dsmax

4. Di viewport perspektif, hasilnya adalah seperti ini:
3dsmax

5. Objek tersebut masih belum menyatu. sebelum menyatukannya, ubah salah satu kotak menjadi Editable Mesh. Caranya, klik kanan salah satu kotak > Convert to > Convert to Editable Mesh.
3dsmax

6. Pada Modifier Editable Mesh, klik tombol Attach List.
3dsmax

7. Pada jendela Attach List yang muncul, seleksi semua objek dan klik tombol Attach.
3dsmax

8. Klik tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Pilih pada slot pertama, dan pada Diffuse, klik tombol dan pilih bitmap. Silahkan pilih gambar sesuai selera agan untuk dijadikan material. Kalau saya pilih gambar elang gan...
3dsmax

9. Coba drag slot pertama ke objek di viewport. Nah, seperti yang sudah saya bilang diatas, tekstur bakal menempati masing-masing elemen saja. Solusinya, tambahkan Modifier list: Camera Map.
3dsmax

10. Eits, Sebelum menambahkan Camera Map, buat cameranya dulu gan. Di viewport Top, tekan tombol P untuk menggantinya dengan perspektif.
3dsmax

11. Pada menu View > Create Camera from view. Sekarang, kamera sudah siap....
3dsmax

12. Seleksi objek kotak, dan klik panel Modifier > Modifier List: Camera Map.
3dsmax

13. Di parameter camera map, klik tombol Pick Camera dan pilih kamera yang sudah disiapkan tadi di viewport.
3dsmax

14. Taraaa...... coba dirender gan. Sekarang material sudah merata pada objek. Tinggal tambahin variasinya saja.
3dsmax

15. Saya membentuk objek acak-acakan seperti gambar dibawah agar terlihat seperti puzzle. Dengan tambahan Plane dan lampu omni tentunya, hasilnya seperti ini...
3d camera maps
Selamat mencoba dan Teruslah Belajar 3DS MAX
Tutorial ini diarsipkan dalam ilmuGRAFIS kategori Tutorial 3DS MAX
Semoga Bermanfaat...

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
android apk IlmuGrafiscom Apk | rss Berlangganan ilmuGrafis.com via Email


author
<> Info dan Kontak Penulis
Tedi Permana
Tentang Penulis : Mempelajari Computer Graphic secara Otodidak sejak kelas 2 SMK, dan tertarik pada 3D Moeling, Motion Graphic dan Visual Effect
Motto : Life is an Adventure

Penulis dapat dihubungi via:
Facebook: Tedy Permana
Email : Teddfire@gmail.com
Blog : jurusan-multimedia.blogspot.com


Rekomendasi Resmi dari ilmuGrafis.com
Dapatkan hanya di ILMUGRAFIS STORE
3DS MAX VRAY
3DS MAX + Vray

Membahas Teknik rendering profesional arsitektur yang selama ini jarang diketahui
3DS MAX COMPLETE EDITION
3DsMax 2009 Complete

Video Tutorial lengkap tentang 3 DS MAX 2009 modelling, animasi dan Rendering
3D ARSITEKTUR
3DS MAX Arsitektural

Pelajari berbagai teknik visualisasi modeling, lighting & rendering arsitektural
3DS MAX 9 BASIC
3DS MAX 9 Basic Animation

CD Tutorial Basic bagi penggunaan 3DS Max 9 bisa juga untuk 3DS Max 7


ARTsense Dumetschool
Advertisement
PHOTOSHOP
» Photoshop Dasar
» Photoshop Teks Effect
» Photoshop Photo Efek
» Photoshop Alternatif
» Photoshop Plugins
CORELDRAW
» CorelDRAW Dasar
» CorelDRAW Logo
» CorelDRAW Bebas
» CorelDRAW Tools
BLENDER 3D
» Blender Dasar
PHOTOGRAPHY
» Lightroom
VECTORIZE
» Adobe Illustrator
ANIMATION
» Flash
» Swishmax
3D MODELING
» 3dsMAX
» AutoCAD
» Cinema 4D
VIDEO EDITING
» Adobe Premiere
» After Effect
» Pinnacle
WEB DESIGN
» Dreamweaver
» jQuery
PUBLISHING
» InDesign
» Ms. Paint
FREEWARE
» Gimp
» Inkscape
EXTRA
» News
» Artikel
» Liga Grafis
» Hall Of Fame
» Bursa Kerja
» Jasa Grafis
» Donasi
» Buku Tamu
» Kontak
DMCA.com Protection Status
Protected by Copyscape Duplicate Content Software

Banner IlmuGrafis :
banner ilmugrafis indonesia

kode html di atas bebas dan boleh dipasang di blog/website anda
Peta Situs Term of Use web edukasi - ilmugrafis.com Indonesia
© 2008 - 2014 ilmuGrafis.com | RSS | Subscribe | Design and Development by Random Computer
Hak Cipta Dilindungi Undang Undang