ilmugrafis.com
Home Tutorials News Artikel Fonts Download Gallery Kontak
Google Powered Search
 
ilmu grafis » 3DS MAX STUDIO

Membuat Efek Ledakan Api

Publish: 5 Januari 2013 | Author & Copyright: Aditya, ST | Tutorial 3DS MAX

Bila Anda ingin mempunyai dan membuat koreografi ledakan api pada objek dalam skenario / cerita animasi yang Anda buat, Anda dapat membuat efek ledakan api dengan menggunakan 3ds Max. Efek ini tentu akan memberikan kesan dramatis pada animasi Anda. Untuk membuat efek ledakan api dalam 3ds max tidaklah sulit.

Tutorial Efek Ledakan Api

1. Buka objek teko yang pecah. File teko pecah bisa di Download Klik Disini. Geser time slider ke frame 3, maka Anda akan melihat adanya pecahan. Anda lakukan proses Render dahulu untuk melihat hasilnya, sebelum nanti diberikan efek api. Klik Menu Rendering > Render > Render. Selanjutnya tutup jendela hasil Render dan jendela Render Scene.

2. Klik Tab Create > Helper
Untuk membuat efek api, Anda membutuhkan sebuah helper sebagai guider untuk efek apinya.


3. Klik kotak Combo yang bertuliskan Standard dan ubah ke Atmospheric Apparatus. Klik SphereGizmo dan buat sembarang di Viewport Top.

4. Untuk mengatur posisinya di Viewport, klik kanan tombol Select & Move

5. Pastikan objek SphereGizmo01 masih terpilih, kemudian buka Tab Modify
di rollout Sphere Gizmo Parameters atur nilai Radius sesuai keinginan (misalkan Radius = 1828)

6. Di rollout Atmospheres and Effects, klik tombol Add lalu pilih Fire Effect dan klik tombol OK

Gambar Setingan Colors

7. Anda klik tulisan Fire Effect dan klik tombol Setup. Selanjutnya akan muncul jendela Environment and Effects.

8. Di rollout Fire Effect Parameters, Anda akan mendapatkan banyak parameter yang dapat Anda seting sendiri untuk mendapatkan efek api sesuai yang diinginkan. Untuk kasus ini, biarkan saja dahulu setingannya dalam keadaan default. Anda tutup jendela Environment and Effects.

9. Klik Viewport Camera01. Geser time slider ke frame 3, lakukan proses Render dan lihat efek api yang terjadi dalam Scene 3D Anda, tampak sangat real.

Catatan:
[-] Untuk merender efek api, proses Render akan memakan kalkulasi waktu yang lebih lama. Jadi Anda perlu sedikit bersabar. Anda juga dapat menambahkan efek Motion Blur supaya visualnya tampil lebih dramatis lagi.

[-] Anda dapat melakukan pengeditan setingan parameter-parameter lainnya. Di rollout Fire Effect Parameters, di kategori Colors Anda bisa merubah warna apinya, klik tiap kotak warna baik untuk warna dalam (Inner Color), warna luar (Outer Color) dari apinya maupun warna asapnya (Smoke Color). Anda juga bisa merubah dengan warna yang lain sehingga Anda akan mendapatkan efek yang baru. Misalkan efek gas, anda dapat merubah warna Outer Color menjadi warna biru atau hijau. Sehingga Anda tidak saja bisa membuat efek api, namun juga Anda dapat membuat efek lain selain api, seperti efek gas, asap, dan lain-lain.

Gambar Setingan Colors

[-] Di kategori Shape, Anda bisa mengatur jenis atau tipe apinya. Untuk jenis api yang berupa ledakan, lebih ideal menggunakan tipe Fireball di banding tipe Tendril yang biasanya lebih ideal digunakan untuk menciptakan bentuk efek api unggun. Stretch adalah bagaimana efek api yang tampil dapat Anda atur pola arahnya baik secara vertikal maupun horizontal. Sedangkan Regularity adalah seberapa besar api akan mengisi dari Gizmo-nya (default = 0.2).

Gambar Setingan Shape

[-] Di kategori Characteristics, Anda pun dapat mengatur berbagai setingan parameter-parameter di sana, seperti ukuran lidah api (Flame Size), semakin besar nilainya (lebih dari 35) maka akan semakin besar ukuran lidah api yang keluar. Detil api (Flame Detail), semakin besar nilainya maka akan semakin detil apinya. Kepekatan api (Density), semakin besar nilainya maka akan semakin kuat intensitas kepekatan api.

Gambar Setingan Characteristics

[-] Untuk mendapatkan bentuk efek SphereGizmo yang tidak bulat penuh, Anda pilih kembali Gizmo yang telah Anda buat sebelumnya, lalu klik opsi Hemisphere pada kategori Sphere Gizmo Parameters di Tab Modify , Opsi Hemisphere akan memotong ½ bagian dari SphereGizmo

[-] Untuk menghilangkan efek api secara permanent dari layar Viewport, di kategori Atmospheres & Effects, pilih Fire Effect lalu klik tombol Delete. Untuk menghilangkan efek api secara tidak permanent, Anda cukup matikan saja tanda centang di opsi Active (untuk menonaktifkannya), sehingga nantinya bila Anda membutuhkan efek api itu, Anda tinggal menyalakan kembali tanda centang di opsi Active. Jadi Anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal.

gambar: Opsi Delete dan Active

Hasilnya kira - kira seperti ini :
efek ledakan di 3ds max
gambar : efek ledakan di 3ds max

Itulah tutorial cara membuat Ledakan. Simak juga tutorial sebelumnya yaitu Membuat Material Air Laut dengan 3dsmax. Selamat berkarya. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
Keep In Touch : youtube channeltwitterfacebookgoogle+rss
IlmuGrafis Apk : android apk
Berlangganan Tutorial dan News ilmuGrafis.com via Email


author
<> Info dan Kontak Penulis
Aditya, ST
Tentang Penulis : Lahir di Medan, 6 September 1978, aktif menulis beberapa buku diantaranya Photoshop Magic (Mediakita), Trik Dahsyat menjadi Animator 3D andal (Penerbit Andi), Cara Cepat Menguasai 3DS Max (Mediakita). Dan menjadi pengajar di berbagai seminar serta lembaga pendidikan DreamARCH Animation di Medan. Hobbi nonton Film dan membuat animasi.
Motto : Sharing-lah ilmu biar makin maju!

Penulis dapat dihubungi via:
Telp /HP : 0819 205 1013
Facebook : Aditya Kryoadi
YM : aditya_dreamarch
Email : dreamarchanimation2010@gmail.com


Rekomendasi Resmi ilmuGrafis
Metode Belajar Cepat dan Mudah dengan Video Tutorial dan Desain Grafis Source
Dipersembahkan oleh www.ilmuGrafis.net
3DS 9
3DS Max 9 Animasi

Video Tutorial 3DS Max 9 objek dan animasi 3D yang semakin menjadi populer dan ngetren
3DS 2009
3DsMax 2009 Complete

Video Tutorial lengkap tentang 3 DS MAX 2009 modelling, animasi dan Rendering
3DS 2010
3DS Max 2010

Video Tutorial ini Anda akan memandu anda dalam menggunakan Autodesk 3DS Max 2010
3ds max vray
3DS MAX + Vray

Membahas Teknik rendering profesional arsitektur yang selama ini jarang diketahui
3dsmax arsitektur
3DS MAX Arsitektur

Pelajari berbagai teknik visualisasi modeling, lighting & rendering arsitektural disini
cad dan 3dsmax
AutoCAD + 3DSmax

CD Tutorial penggunaan AutoCAD 2007 dan 3dsmax untuk rancang bangun 3 Dimensi


Aturan dan Kebijakan di website ilmugrafis

  • Semua Konten di ilmuGrafis.com bertujuan sebagai media pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu dimohon tidak menyalahgunakan informasi dan pengetahuan yang diperoleh untuk hal - hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain
  • Kami melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa informasi di ilmuGrafis.com tersaji seakurat dan sebaik mungkin. Anda bisa melaporkan jika ada konten ataupun informasi yang tidak berkenan di Kontak
  • Jika anda ingin memposting ulang atau mengcopy konten yang ada di ilmuGrafis.com maka silahkan membaca terlebih dahulu Terms Of Use

Promotion Link :

ARTSENSE 1

PHOTOSHOP
Photoshop Dasar
Photoshop Teks Effect
Photoshop Photo Efek
Photoshop Alternatif
Photoshop Extra

CORELDRAW
CorelDRAW Dasar
CorelDRAW Logo
CorelDRAW Bebas
CorelDRAW Extra Tools

PHOTOGRAPHY
Lightroom

VECTORIZE
Adobe Illustrator

ANIMATION
Flash
Swishmax

MODELING
3dsMAX
AutoCAD
Cinema 4D
Maya

VIDEO EDITING
Adobe Premiere
After Effect
Pinnacle

WEB DEVELOPER
Dreamweaver
jQuery
Fireworks

PUBLISHING
Freehand
InDesign
Ms. Paint
Ms. Visio

FREEWARE
Gimp
Inkscape

CREATIVE-ZONE
Gallery
Papercraft
Liga Grafis
Hall Of Fame

EXTRA
News
Artikel
Hiburan
Bursa Kerja
Jasa Grafis
Donasi

Advertise with us
http://ilmugrafis.info/cdn/banner_ilmu_grafis_180x500px.gif

Artsense 3

Our Banner :

ilmugrafis indonesia
Link to ilmuGrafis

Peta Situs Term of Use web edukasi - ilmugrafis.com Indonesia
© 2008 - 2014 ilmuGrafis.com Design and Development by IG Team.
All other trademarks are the property of their respective owners.
kembali ke atas / back to top