logo ilmugrafis
Home Tutorials Store Blog Fonts Download Gallery
Google Powered Search
 
ilmu grafis » 3DS MAX STUDIO

Neon SIGN Happy New Year

Publish: 11 Jan 2010 | Author & Copyright: Aditya, ST | FREE Proffesional tutorial 3DS MAX

Hi! Selamat berjumpa lagi di tahun yang baru ini, di tutorial 3ds max ilmugrafis.com. Pada tutorial kali ini, kita akan membuat lampu neon warna-warni pada objek bentuk tulisan 3 dimensi. Tutorial membuat Lampu Neon (neon sign) sudah 2 kali diulas pada pembahasan tutorial yang lalu. Kali ini kita akan kembali mengulangnya sambil me-refresh ingatan Anda pada pembahasan yang lalu. Kita akan kembangkan dengan contoh kasus yang lebih variatif lagi. Nah, selamat mencoba dan selamat tahun baru 2010, HAPPY NEW YEAR 2010!

1. Buat sebuah Text pada Viewport Front (caranya sudah pernah dibahas pada tutorial sebelumnya.
3dsmax


2. Buka tab Modify dan atur dengan parameter seperti gambar dibawah. Buat tulisan : ilmugrafis.com
3dsmax


3. Atur kembali dengan parameter berikut, masih pada tab Modify di kategori Rendering. Opsi Renderable diaktifkan untuk membuat objek text berubah menjadi objek 3D dengan setiap garis pada huruf-huruf text tersebut akan dibentuk menjadi 3D. Opsi Renderable Render Mesh diaktifkan untuk menampilkan bentuk 3D objek text pada layar viewport
3dsmax


4. Pada Viewport Front, hasilnya menjadi seperti gambar ini.
3dsmax


5. Pastikan objek teks tersebut sudah diubah objek ID nya dengan nilai 5 (bila Anda lupa dengan option ini, Anda dapat melihat tutorial tentang neon sign pada pembahasan tutorial yang lalu).

Caranya : Anda pastikan objek text yang Anda telah buat dalam keadaan terpilih, lalu klik kanan pada objek text tersebut dan klik pilihan Properties. Selanjutnya pada option G-Buffer, Anda atur dengan parameter seperti berikut
3dsmax


6. Berikan efek neon Glow (caranya juga sudah dibahas pada pembahasan tutorial yang lalu. Bila Anda lupa, Anda dapat melihatnya kembali).

Caranya : Klik menu Rendering > Effects. Lalu klik tombol Add dan klik ganda pilihan Lens Effects disana. Selanjutnya pada kategori Lens Effects Parameters, klik ganda pada pilihan Glow dikotak sebelah kiri Anda. Kita akan memasukkan efek Glow (pendar cahaya) pada scene kita.
3dsmax

3dsmax


7. Atur pada kategori Glow Element – pilihan Parameters dengan parameter seperti tampak pada gambar dibawah
3dsmax


8. Pada pilihan Options, Anda atur seperti parameter gambar dibawah. Aktifkan tanda centang disana dan samakan nilai Object ID = 5 seperti halnya Object Channel (ID) pada objek Text. Nilai yang sama akan mensinkronkan dan memasukkan efek cahaya (glow) ke objek Text. Bila nilai yang diberikan saling berbeda alias tidak sama, maka efek tidak akan masuk ke objek.
3dsmax
ilmugrafis.com


9. Render Viewport Front untuk melihat hasilnya.
3dsmax


10. Buat garis sebagai tali atau penyangga bagi objek text dengan menggunakan opsi Line
3dsmax


11. Atur dengan posisi seperti tampak pada gambar. Buat juga objek garis Line sehingga Anda memiliki tiga buah objek Line (seperti pada gambar).
3dsmax


12. Atur masing-masing parameternya di tab Modify seperti parameter dibawah
3dsmax


13. Anda atur posisi garis Line dan objek Text dilayar Viewport Perspective


14. Saatnya membuat efek background berupa bintang-bintang di malam hari (seperti janji saya pada tutorial neon sign yang lalu). Disini Anda akan tidak akan menggunakan gambar-gambar melainkan Anda membuatnya sendiri dengan fitur-fitur di 3ds max. Dengan bisa membuatnya sendiri, maka Anda akan lebih leluasa untuk membuat background langit sesuai dengan keinginan Anda

Caranya : klik menu Rendering > Environment. Lalu klik tombol bertuliskan None.
3dsmax


15. Kemudian klik ganda pilihan Noise. Pilihan ini akan lebih cocok untuk membentuk efek bintang dimalam hari. Sebenarnya ada juga pilihan yang lain yang dapat digunakan untuk membentuk efek bintang, seperti misalnya pilhan Smoke. Namun pilihan ini akan kita bahas pada tutorial-tutorial mendatang.
3dsmax


16. Selanjutnya tekan tombol M di keybard untuk memunculkan jendela Material Editor. Kita butuh Material Editor untuk men-drag Noise pada jendela Environment untuk dimasukkan kesalah satu slot bola yang kosong pada Material Editor. Peran dari Material Editor disini adalah untuk memunculkan parameter-parameter dari pilihan Noise yang telah kita pilih sebelumnya.

Caranya : klik kiri pilihan Noise di jendela Environment, tahan mouse Anda dan drag ke salah satu slot bola yang kosong pada Material Editor lalu lepaskan klik kiri mouse Anda.
3dsmax

Akan muncul jendela Instance (Copy) Map. Anda pilih Instance lalu klik tombol OK
3dsmax

Atur dengan parameter seperti gambar dibawah.
3dsmax


17. Render pada Viewport Perspective (karena efek bintang-bintang (Noise) tidak akan tampil bila di Render bukan pada layar Viewport Perspective).
Tambahkan tulisan-tulisan yang lain yang Anda inginkan untuk mendapatkan kombinasi hasil visual yang lebih menarik lagi. Berikut hasil final yang saya miliki.

Hasilnya:
Happy New Years 2010
Happy New Years 2010
(Anda dapat memberikan efek warna neon sign (glow) yang berbeda-beda pada setiap text yang berbeda-beda. Cara memberikan efek glow dengan warna yang berbeda-beda ini sama triknya seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan diatas ataupun pembahasan pada tutorial-tutorial tentang neon sign sebelumnya).

Horas...

Selamat mencoba dan Teruslah Belajar 3DS MAX
Tutorial ini diarsipkan dalam ilmuGRAFIS kategori Tutorial 3DS MAX
Semoga Bermanfaat...

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
android apk IlmuGrafiscom Apk | rss Berlangganan ilmuGrafis.com via Email


author
<> Info dan Kontak Penulis
Aditya, ST
Tentang Penulis : Lahir di Medan, 6 September 1978, aktif menulis beberapa buku diantaranya Photoshop Magic (Mediakita), Trik Dahsyat menjadi Animator 3D andal (Penerbit Andi), Cara Cepat Menguasai 3DS Max (Mediakita). Dan menjadi pengajar di berbagai seminar serta lembaga pendidikan DreamARCH Animation di Medan. Hobbi nonton Film dan membuat animasi.
Motto : Sharing-lah ilmu biar makin maju!

Penulis dapat dihubungi via:
Telp /HP : 0819 205 1013
Facebook : Aditya Kryoadi
YM : aditya_dreamarch
Email : dreamarchanimation2010@gmail.com


ILMUGRAFIS STORE
3ds max vray
3DS MAX + Vray

Membahas Teknik rendering profesional arsitektur yang selama ini jarang diketahui
3ds max 2009 complete
3DsMax 2009 Complete

Video Tutorial lengkap tentang 3 DS MAX 2009 modelling, animasi dan Rendering
3dsmax arsitektur
3DS MAX Arsitektur

Pelajari berbagai teknik visualisasi modeling, lighting & rendering arsitektural disini


ARTsense Dumetschool
Advertisement

PHOTOSHOP
Photoshop Dasar
Photoshop Teks Effect
Photoshop Photo Efek
Photoshop Alternatif
Photoshop Plugins

CORELDRAW
CorelDRAW Dasar
CorelDRAW Logo
CorelDRAW Bebas
CorelDRAW Tools

BLENDER 3D
Blender Dasar

PHOTOGRAPHY
Lightroom

VECTORIZE
Adobe Illustrator

ANIMATION
Flash
Swishmax

3D MODELING
3dsMAX
AutoCAD
Cinema 4D

VIDEO EDITING
Adobe Premiere
After Effect
Pinnacle

WEB DEVELOPER
Dreamweaver
jQuery

PUBLISHING
InDesign
Ms. Paint

FREEWARE
Gimp
Inkscape

DESIGN
News
Artikel

EXHIBITION
Liga Grafis
Hall Of Fame

EXTRA
Bursa Kerja
Jasa Grafis
Donasi

INTERAKSI
Buku Tamu
Kontak

DMCA.com Protection Status
Protected by Copyscape Duplicate Content Software
Peta Situs Term of Use web edukasi - ilmugrafis.com Indonesia
© 2008 - 2014 ilmuGrafis.com Design and Development by IG Team.
Hak Cipta Dilindungi Undang Undang